Apa Itu Linux Dan Bagaimana Sejarahnya ?? Linux Merupakan....


Selain sistem operasi windows yang kita semua ketahui masih ada sistem operasi lain salah satunya adalah linux. Linux merupakan sistem operasi open source yang berarti siapapun dan dimanapun boleh untuk memodifikasi sistem operasi tersebut dan juga gratis untuk disebarluaskan dibawah lisensi GNU.

Linux mulai diproduksi pada tahun 1991 oleh seorang mahasiswa Finlandia bernama Linus Torvalds dan resmi diluncurkan pada tanggal 5 Oktober 1991 yang hanya dapat melakukan shell bach dan gcc. Sistem operasi linux biasa dikenal dengan istilah distribusi linux atau distro linux, linux memiliki logo yang unik yaitu penguin.

Pada awal awal diluncurkan sistem operasi linux sangatlah asing untuk digunakan, namun saat ini sudah ada sangat banyak user yang menyukai sistem operasi ini dan menggunakannya di komputer atau laptop pribadi bahkan sekarang ada perusahaan yang menggunakan sistem operasi linux.

Dengan jasanya yang sangat luar biasa Linus Torvalds sangat dikenal betul bagi para pengguna linux bahkan yang tidak menggunakanpun tau betul siapa beliau. Karena jasanya bukanlah hal yang biasa, bayangkan saja betapa hebatnya beliau telah menciptakan sistem operasi yang bagus dan juga open source. Jika dulu beliau tidak menciptakan linux, mungkin sekarang tidak orang yang menggunakan linux bahkan tidak ada yang tau apa itu linux.
Baca : Cara Install Linux Lengkap
Perkembangan teknologi yang sangat cepat telah memunculkan banyak distro distro linux yang baru hingga saat ini ada sangat banyak distro linux yang sangat bagus dan memiliki kelebihannya masing masing.

Debian

Debian adalah sistem operasi berbasis open source yang dikembangkan oleh banyak sukarelawan. Debian pertama kali diperkenalkan oleh Ian Murdock seorang mahasiswa dari Universitas Purdue Amerika Serikat pada tanggal 16 Agustus 1993. Nama Debian berasal dari kombinasi nama Ian dengan mantan kekasihnya Debra Lynn atau Deb dan Ian. Debian menggunakan paket DEB karena dianggap lebih stabil dari paket RPM dan juga sudah menggunakan metode auto detect untuk penggunaan peripheral pada komputer.

Ubuntu

Ubuntu merupakan salah satu distro linux berbasis Debian dan juga salah satu proyek unggulan Debian. Tujuan utama dari ubuntu adalah menciptakan distro linux yang mudah dipakai. Ubuntu menjadwalkan rilis setiap 6 bulan sehingga ubuntu dapat diupdate secara rutin.

Fedora

Fedora merupakan sebuah distro linux berbasi RPM dan yum. Fedora memiliki fitur keamanan yang sangat luar biasa salah satu fiturnya adalah Security-Enchance Linux.

OpenSUSE

OpenSUSE adalah salah satu distro linux yang stabil dan ramah pengguna. Sama halnya seperti ubuntu, OpenSUSE juga dapat diupdate secara rutin setiap delapan bulan sekali.

Dari beberapa distro linux di atas sudah pasti masih ada sangat banyak distro linux lainnya yang pasti sangat bagus dan memiliki keunggulan masing masing. Contohnya Red Hat, Mandrake, Xandros, CentOS, Gentoo, Free BSD, Turbo Linux, Linux Mint, Elementary OS dan lain lain karena terlalu banyak untuk disebutkan.

Saya sendiri menggunakan distro linux Elementary OS karena distro tersebut adalah distro pertama yang saya lihat pada saat guru saya persentasi dikelas, saya pun tertarik untuk mencobanya dan sampai saat ini saya masih menggunakan distro tersebut. Untuk kelebihana dan kekurangan setiap distro tentu berbeda beda namun disini saya akan membahas kelebihan dan kekurangan yang umum dialami oleh pengguna linux.

Kelebihan :
1. Bersifat open source yang berarti bebas untuk dimodifikasi atau dikembangkan dan juga gratis untuk disebarluaskan dibawah lisensi GNU.
2. Memiliki keamanan yang sangat luar biasa bahkan ada beberapa pengguna linux yang tidak repot repot menginstal antivirus
3. Memiliki komunitas yang besar tidak hanya di Indonesia bahkan ke seluruh dunia.

Kekurangan :
1. Banyak orang yang belum terbiasa dengan sistem operasi linux.
2. Penginstalannya yang bisa disebut rumit untuk pemula yang baru mau menggunakan linux.
3. Struktur direktory atau foldernya yang berbeda dengan windows dan kembali ke kekurangan yang pertama atau disebabkan karena belum terbiasa.

Tentu masih ada banyak namun saya hanya menyimpulkan yang benar benar umum timbul menurut pengguna linux dan saya sendiripun mengalami kesulitan pada awal awal namun setelah terbiasa jadi bisa menyimpulkan apa saja kelebihannya dan apa alasan orang menggunakan linux. sekali lagi jika ada yang salah dan perlu di tambahkan silahkan berkomentar.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Apa Itu Linux Dan Bagaimana Sejarahnya ?? Linux Merupakan...."

  1. linux memang sangat ringan dan keren yang paling penting open source jadi bisa dimodivikasi sesukanya. info yang sangat bagus saya menggunakan ubuntu

    ReplyDelete
  2. infonya sangat bagus dan mudah dimengerti ,, sekarang saya sudah tau tentang sejarah linux ,, dan juga linux itu gratis (y)

    ReplyDelete

Notes :
- Harap berkomentar relevan sesuai judul bacaan
- Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang dan jasa
- Tidak boleh menyimpan link aktif
Komentar yang beresifat spam dan terdapat link aktif akan segera dihapus oleh Admin!